Nugget Ayam Sederhana

Bikin nugget kali ini disponsori oleh kaka ipar saya yang tinggal di Balikpapan. Beberapa hari ini nanyain resep nugget dan risoles.
Jadi saya ikutan terbawa suasana pengen bikin nugget juga.

Sehari sebelumnya saya sempat membeli 1 pak nugget di minimarket dekat rumah. Ya sengaja pilih kemasan paling ekonomis, maklum iriters: D
Eh ko ya isinya cuma beberapa biji aja plus rasanya juga dominan tepung rotinya ;(
Tapi hasna doyan aja, ni anak ngga tau bedanya palsu atau bukan sih. Jadi peran saya sebagai emak harus benar-benar ketat menjaga makanan yang dikonsumsinya *ehem

Kalau dulu yang namanya nugget itu ya nugget ayam aja. Tapi sekarang nugget bisa terbuat dari tempe / tahu, dicampur berbagai macam sayuran dan bahan tambahan lainnya seperti keju dan mayonaise. Pokoknya yang berbalut tepung panir pasti disebut nugget, mungkin termasuk daging steak abal-abal yang banyak dijual disini ( Tasikmalaya ) yang lebih dominan tepung panirnya dibanding dagingnya.
Coba namanya diganti jadi steak nugget aja, kayanya lebih jujur dibandingkan harus memaksakan dengan status tenderloin 'maksa' **Haaaa minta ditimpuk pake brown sauce ini mah :))

Daripada ngerumpi yang ngga jelas, kita langsung bikin aja yuk. Kali ini saya bikin nugget menggunakan resep yang sangat sederhana sehingga mudah dipraktekan di rumah :)

 


NUGGET AYAM

300 gram daging ayam cincang
4     lembar roti tawar
125 ml susu cair
1     siung bawang putih, cincang halus
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
1    butir telur
35 gram keju cheddar ( saya pakai 30 gram cheddar dan keju mozzarella yang dipotong dadu )
1   sdt kaldu bubuk
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt lada bubuk
Sayuran seperti wortel, brokoli atau bisa di skip
1   sdm margarin untuk menumis

Pelapis :

Putih telur secukupnya
Tepung panir kasar secukupnya

CARA MEMBUAT :

  • Panaskan kukusan dengan api sedang
  • Panaskan margarin, tumis bawang puth dan bawang bombay sampai keluar aromanya. Sisihkan.
  • Siapkan blender, masukan roti tawar yang sudah dipotong-potong, susu cair dan tumisan bawang. Blender sampai halus.
  • Dalam wadah lain, masukan daging ayam cincang, telur, parutan keju cheddar dan potongan keju mozzarella. Tambahkan campuran roti yang sudah diblender halus. Aduk rata.
  • Tambahkan kaldu bubuk, gula pasir dan lada bubuk. Tes rasa
  • Tuang adonan dalam loyang yang sudah dilapis platik tahan panas atau dioles margarin tipis. Bisa juga menggunakan pinggan tahan panas. Ratakan.
  • Kukus kurang lebih 30 menit sampai matang. Dinginkan.
  • Potong-potong nugget sesuai selera, bisa dipotong kotak, stik atau memakai cookie cutter.
  • Celupkan potongan nugget ke dalam kocokan putih telur dan tepung panir. Lakukan sampai semua potongan nugget habis.
  • Masukan potongan nugget ke dalam wadah kedap udara atau plastik tebal. Simpan di dalam freezer, siap dijadikan stok atau digoreng sesaat sebelum dimakan.
Kalau pakai keju mozzarella jangan kaget ya kalau tekstur nuggetnya sewaktu masih panas ada sensasi lelehannya gitu, hmmmh lupa ngga difoto :D


Foto diatas nuggetnya dipotong memakai cookie cutter bentuk hati, full of love gituu :) Bentuk lainnya hanya dibikin stik aja yang simpel.
Nugget cocok dijadikan alternatif makanan yang wajib dibikin stok dalam freezer. Selain rasanya enak, cara pembuatannya juga mudah. Dari segi biaya dapur juga lebih hemat dibandingkan dengan nugget kemasan di supermarket *iriters again :)

Tertarik ikut mencoba kan?
Yuk segera siapkan bahannya, happy cooking :)










0 komentar:

Posting Komentar