Homemade Food Fiesta NCC 1 Dasawarsa


Awal tahun 2015 saya mendapat email yang isinya cukup mengejutkan, membahagiakan, tapi membingungkan. Email itu berisi rangkaian acara menyambut ulang tahun ke 10 NCC yang rangkaian acaranya akan diselenggarakan selama 6 bulan berturut-turut. Alamaakkk saya ingin ikutann tapi apalah daya tinggal jauh di Tasik, hikkss
Salah satu event yang saya ikuti hanya event online bersama Dompet Dhuafa yang mengangkat tema Ketahanan Pangan Lokal.


Padahal banyak sekali event luar biasa lainnya seperti launching buku di Gramedia, Seminar sehari bersama Prasetya Mulya Business School, dan workshop Food Photography yang mendatangkan food stylist Vania Samperuru dan Food Photographer ternama Jie W. Kusumo.
Dari semua jadwal acara, hanya satu yang jadi incaran saya yaitu puncak acara yang akan diselenggarakan bulan Juni. Puncak acara tersebut adalah Homemade Food Fiesta yang katanya sangat istimewa karena bertepatan dengan perayaan 1 Dasawarsa NCC.

Dengan semangat 45 saya daftar ke panitia NCC untuk bisa ikut serta menghadiri HMFF yang akan diselenggarakan di Gedung Arsip Nasional.
Bukan kenapa- kenapa ya ibu-ibuu, acara ini terbatas untuk 500 pendaftar pertama dan sudah dipastikan keseruannya. 
Mulai dari Host acara yang akan dipandu oleh para anggota senior NCC yang kece badaii, plus ada Beng Master Chef, booth sponsor dari produk-produk bahan kue ternama juga bazaar dari para anggota NCC.

Oya, keseruan tidak berhenti disitu, karena semua pendaftar diwajibkan membawa potluck yaitu bekal untuk dinikmati bersama jadi dipastikan kita akan pesta icip-icip, hmmhh
Dan yang cukup menantang akan ada acara Tarung Antar Gank yang akan melibatkan perwakilan NCC tiap daerah untuk adu nyali, adu kepintaran dan adu keahlian di bidang baking dan memasak, ckckckckkck

Sampai pada hari H nya , saya berangkat bersama Bu Neng, salah satu senior saya di Tasik dan rombongan NCC Bandung.

Kami rombongan NCC Bandung tiba di Gedung Arsip
Pertama kali tiba di Gedung Arsip rasanya seperti campur aduk. Entah apa perasaan yang saya alami saat itu yang pasti senang, terharu, bangga menjadi satu. 

Proses Registrasi Ulang di 6 Meja sekaligus
Setelah melewati proses registrasi dan penyerahan potluck, saya dan rombongan langsung membaur menjadi satu dengan anggota NCC lainnya.
Mau tau ngga potluck saya apaa?? Nah jadi rencana awalnya saya mau bikin Apple Pie saja, andalan bakulan saya. Namun apa daya jarak tempuh yang lumayan jauh, belum lagi saya sempat menginap semalam di Bandung membuat kekhawatiran mulai terbayang bayang. Takut remuk lha, takut asem lha, dan berbagai ketakutan lainnya.
Setelah berpikir, menimang dan akhirnya memutuskan saya membawa potluck praktis yang sebenarnya ' Ngga Banget' yaitu keripik sukun.
Lhaa jauh banget kan Apple Pie jadi keripik sukun.

Sumber : Fanpage NCC 1 Dasawarsa, Album Potluck
Sampai ke tempat acara, duhh mata saya hampir tidak bisa berkedip melihat sekeliling saya yang dipenuhi oleh booth-booth keren dari sponsor bahan kue yang keren-kerenn. Sebut saja, Tigerson Philti, Oxone, 7 Baking Paper, Mero Sekawan Jaya, Bungasari Flour Mills, Chefmate, dan Golden Brown.

Oxone sebagai salah satu produk sponsor yang paling mendominasi acara dengan berbagai hadiah doorprize yang luar biasa.
Si Mas ini aslinya gemeteran lhoo, secara dikelilingi ibu-ibu bakulan kue yang kece nya bikin grogi hihii.
Mas ini mewakili Tigerson Philti yang juga merupakan sponsor utama HMFF.

Chef Steven Ho dari Tigerson Philti, orangnya sangat low profile dengan senang hati menjawab berbagai pertanyaan Ibu-ibu.
Cukup lama berkeliling melihat-lihat booth sponsor, khususnya di booth Tigerson Philti karena memang banyak sekali tutorial yang diberikan secara gratis, siapa sihh yang tidak suka gratisan, ehm.
Sampai saatnya Host acara mengumumkan bahwa acara akan segera dimulai. Diawali dengan pembacaan do'a, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan kata sambutan dari Ibu Fatmah Bahalwan sebagai pemilik sekaligus guru besar Natural Cooking Club.


Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dipimpin oleh Bendahara Umum NCC, Mba Yeni Suryasusanti.

Sambutan sekaligus pembukaan resmi acara HMFF oleh Ibu Fatmah Bahalwan
Setelah sesi pembukaan acara selesai, ada satu sesi yang sebenarnya mirip dengan game anak-anak tapi memang membuat suasana jadi lebih ' Fresh' yaitu kami semua disuruh berdiri rame-rame dan menghitung 1 sampai 5 dengan gaya jari yang berbeda dengan menghitung biasa. Misalnya untuk angka 1, kami semua mengangkat jari kelingking, angka 2 untuk jari manis dan angka 3 untuk jari metal, hihiii memang kreatif sekali ya panitia HMFF.

Bukan hanya anggota yang ikut bersuka cita menghitung ala NCC, Chef Steven Ho juga ikutan asyik hihii
Acara selanjutnya adalah pemberian penghargaan secara simbolis untuk semua sponsor utama dan juga mitra NCC selama ini. Yang hadir diantaranya adalah Chef Yongki Gunawan, Ibu Nenis dari Grup Bakul Kue Rumahan ( BKR ) , perwakilan dari Oxone, perwakilan dari Tigerson Philti, perwakilan dari Prasetya Mulya Bussiness School dan beberapa toko bahan kue besar seperti Toko Ani dan Titan.
Sayang seribu sayang, saya tidak bisa mengabadikan momen tersebut karena area kamera sudah dipenuhi oleh kamera syuting dari berbagai media pers. Nah lhoo, iya dongg acara HMFF ini diliput oleh beberapa pers nasional dan televisi.

Setelah sesi tersebut dilanjutkan dengan perkenalan semua moderator sekaligus pengajar di Natural Cooking Club.
Wah rasanya senang walaupun tidak bisa memotret langsung, tapi setidaknya semua moderator yang biasanya sehari-hari hanya salamin kita pake centong di milis sekarang ada di depan mata, huhuu terharuu sekali.

Dan sebagai tanda acara sudah dimulai, Ibu Fatmah Bahalwan menutup sesi acara resmi dan mempersilahkan kita untuk berkeliling arena Bazaar yang diisi oleh anggota NCC yang biasa berjualan online di hari kamis.
Jadi, di NCC hanya diperbolehkan promo jualan di hari Kamis saja itu berlaku untuk semua sosmed kecuali NCC Garage Sale, keren kaaann??

Sambil jalan-jalan di Bazaar, para Host acara mulai ramai dan sesi Door Prize dimulaii, horeee
Karena saya kurang yakin bisa menang 'Door prize', saya memilih  keliling bazaar. Takut kehabisan plus laper juga ya, hihi

Satee..sateee, bikin ngiler yaa
Ini stand bazaar yang jualan Nasi Rawon Komplit. Saya juga sempat beli lhoo, nanti yah reviewnya, hihii
Sosis Bakarnya ngantriii, ahh padahal sudah mupeng dari pas dateng, hikss
Kebab In Here!!, variasi rasanya banyak banget lho mulai dari kebab gulung coklat, blueberry, keju dan banyak lainnya.
Selain dari cuplikan foto-foto diatas, banyak stand bazaar lainnya yang tidak sempat saya jepret karena penuhnya pengunjung dan situasi perut yang mulai bernyanyi riang, hihi

Paket Nasi Rawon Komplit ini aslinya pilihan Bu Neng, tapi karena kita dua sejoli jadi dimakannya berdua, hehe
Nasi Kebuli Ayam, hmmhh sepertinya kalau dinikmati panas pasti lebih nikmat nih.

Dari semua yang saya beli, lidah saya lebih cocok sama Dimsum ini. Teksturnya lembut dan rasa nya enaak pake banget. Hemmhh lidah Chinese gitu lho, hwehehe..
Oya, saya juga membeli beberapa item lainnya seperti Brownies Porayya, Kaldu Ayam Sehat, Yoghurt, Lemon Tea dan Roti Coklat.
Itu daftar makanan yang saya beli secara resmi yahh, ada juga daftar makanan yang saya dapatkan secara cuma-cuma alias gratiss tiss tiss. Sebut saja aneka praline dari Mercolade, Brownies potong Mercolade, Aneka tester Cookies, dan icip-icip larutan penyegar keluaran terbaru ** Ni perut apa Troli swalayan ko muat banyak, hihiii **

Sedang asyik menikmati satu per satu makanan, tiba-tiba panggilan host acara di panggung mengagetkan saya. Nomor saya dipanggil maju mendapatkan Door Prize satu paket produk Oriflame, horeeee

Kalau dinominalkan dengan uang, paket oriflame ini mencapai hampir 300rb an, jazakalloh
Nah, selain paket produk Oriflame beberapa anggota NCC lainnya malah mendapat door prize yang tidak kalah kerennya lho. Misalnya Rice Cooker Oxone, dan Oven Listrik yang harganya mencapai 700rb an, waawww
Yang lebih hebat lagi, door prize dibuka secara berkali-kali bahkan tidak terhitung karena sekali mengambil nomor bisa sampai 6-7x, sudah pasti kan bertabur hadiah yang ' wah ' banget.

Eh hampir lupa, sembari keliling bazaar sebenarnya sedang ada acara Tarung Antar Gank yang melibatkan seluruh perwakilan NCC tiap daerah diantaranya NCC Jaktim Iyess, NCC Bekesyong Rempong, NCC Tangsel, NCC Banjur dan lainnya.
Saya sambil keliling bazaar juga tidak lupa jadi suporter untuk NCC Banjur ( Bandung Juara ). Tepuk tangan plus Yel- yel paling heboh ya saya ahlinya, hihii.

NCC BANJUR sedang beraksi, diantaranya ada Teh Dewi Kania, Teh Rika dan Ci Jennie Kwan

Bandung Juaraa..Bandung Juaraa..Menit- menit paling mengharukan adalah saat para peserta mulai berlomba menggilas fondant. Semakin digilas makin asyiikk, hihi

Sampai tiba acaranya tengah hari yaitu icip-icip potluck, yippiee.
Panitia memberikan masing-masing anggota 4 kupon potluck yang bisa diambil bergantian dengan maksimal pengambilan 5 item/ kupon. Yang cukup disayangkan, baterai handphone saya sudah low dan karena tidak membawa power bank ( rusaaaak ) saya nitip charge di salah satu stand bazaar, hihi numpang dikit.
Jadilah, selain saya telat mengambil potluck juga tidak sempat jepret sana sini. Dari total 4 kupon saya hanya menggunakan 2 kupon saja. Hmmhh kenyang nihh ceritanyaa, hihii..

Selain kupon potluck juga tersedia 2 kupon Photobooth yang langsung dijepret oleh photografer profesional lhooh.
Siaappp..1..2..3, Jepreeett !!!

Mati gaya deh kalo giliran difoto..padahal props nya banyak banget lho mulai dari topeng, topi, rolling pin dll. Aahh saya mah kipas aja lha yang memenuhi standarisasi, hihii
Setelah icip-icip potluck selesai, photobooth juga sudah selesai karena alasan wajah sudah kusam, kucel ko rasanya badan lemes banget. 
Sepertinya efek kebanyakan makan ya hehe, tapi acara tetap berjalan. Ada demo dari Tigerson Philti dan juga Mercolade yang tidak segan memberikan hadiah yang cukup fantastis untuk beberapa anggota yang mengajukan pertanyaan di sesi demo tersebut.
Hmmhh sedang menikmati rasa kantuk yang mulai melanda ** maklum saya sampai di Bandung jam 1 malem lanjut siap-siap berangkat ke HMFF jam 4 pagi **, mendadak dikagetkan oleh suara Host yang seger banget, siapakah diaa...Oohh itu dia Beng Master Chef. Ni mata langsung melek aja deh hihii

Beng Master Chef, Mas Unyu satu ini jadi salah satu member NCC yang aktif juga lhoo..

Tibalah waktunya pengumuman juara-juara NCC yang keren-keren, diantaranya pengumuman juara Event Online Ketahanan Pangan Lokal, Juara Event Online Celebration Week, juara Tarung Antar Gank, dan juga penghargaan kepada member NCC yang senantiasa selalu mendukung dan memberikan andil yang besar untuk kemajuan NCC.
Satu per satu juara diumumkan dan percayalah tidak ada nama saya yang disebutkan hehe. Yang paling mendebarkan adalah saat pengumuman juara Tarung Antar Gank, secara kan saya pendukung NCC Banjur ikut merasa deg-degan.
Ternyataa...Alhamdulillah, NCC Bandung keluar sebagai juara pertama Tarung Antar Gank dengan hadiah yang duhh bikin ngencess. Ada oven listrik senilai 1,2 juta, Fondant persembahan dari Tigerson Philti seberat 10 kg ** harga normal per 5kg adalah 400rb rupiah **, perabotan alat makan yang kita tau sendiri lha harganya di supermarket berapa per pasangnya, satu paket kurma coklat, dan masih banyak lainnya.

Hasil karya NCC Bandung yang mampu membuat juri terkagum-kagum.
Satu paket hadiah untuk Juara Tarung Antar Gank, kereen
Sampailah pada penghujung acara, Ibu Fatmah Bahalwan menyampaikan kata penutup dan juga ucapan terima kasih karena HMFF 1 Dasawarsa NCC bisa diselenggarakan dengan sukses dan penuh suka cita.

Sesi liputan Ibu Fatmah Bahalwan dan Bapak Wisnu Ali Martono dari salah satu stasiun televisi.

Satu pesan yang sangat dalam dan sempat membuat semua peserta HMFF terdiam adalah nasihat Ibu Fatmah Bahalwan untuk kami semua member NCC
" Banyak bergaulah dengan orang yang rajin, hindari bergaul dengan orang malas karena kemalasan itu menular "
Insya Alloh bu, walaupun saya bukan member yang selalu aktif dan belum diberi kesempatan untuk belajar secara langsung demikian juga praktek yang kenyataannya belum sesuai dengan harapan, tapi saya akan selalu mengingat nasihat dari Ibu Fatmah sebagai bekal motivasi untuk berusaha menjadi lebih baik.

NCC..YES !! YES !!

Rasanya saya ingin meneteskan air mata ketika acara resmi ditutup. Entah kapan lagi saya bisa berkumpul bersama dengan orang-orang hebat, yang memberi saya inspirasi dan semangat yang tidak pernah kenal lelah untuk berbagi ilmu dan kebaikan dalam belajar.

Bersama Ibu Fatmah Bahalwan, seorang guru yang layak disebut pahlawan tanpa tanda jasa.

Bersama NCC lah, saya merasa proses belajar sangat dihargai dan di apresiasi dengan banyaknya tutorial dan arahan dalam ilmu baking dan memasak.

Bersama NCC lah, saya bisa menjadi selangkah lebih maju dibandingkan waktu yang lalu.

Bersama NCC lah, saya merasa memiliki seorang guru yang memang sesuai dengan predikatnya yaitu pahlawan tanpa tanda jasa. Ilmu yang diberikan baik yang sudah saya praktekan atau masih dalam rencana mudah-mudahan diganti oleh Alloh SWT untuk Ibu Fatmah beserta keluarga juga segenap pengajar dan semua moderator NCC, Aamiin.

Dan kemeriahan HMFF sudah berlalu namun masih menyisakan bermacam pengalaman seru dan bermanfaat bersama Natural Cooking Club yang akan terus saya ingat.

Salam Centong, sampai berjumpa di HMFF 2 tahun mendatang.

1 komentar:

  1. Betfair Review 2021 | Is Betfair a Top Choice for Betting?
    The Betfair mobile site, septcasino which is not หารายได้เสริม very popular among punters, features a wealth of games, betting on choegocasino sports and casino,

    BalasHapus