Es Buah Kurma

Saya sempat terharu saat membuat es buah ini. Lebay sih, tapi mengingat dalam hitungan hari sudah masuk bulan Ramadhan rasanya saya jadi terbayang-bayang kenangan ramadhan tahun-tahun sebelumnya.
Biasanya kalau untuk konsumsi sendiri saya memilih beli jadi saja ke Tukang Es buah/ Sop buah dekat rumah. Tapi lain urusannya kalau kakak dan keluarganya sudah mudik ke Tasik. Sebisa mungkin saya selalu ingin menyajikan masakan atau minuman apapun hasil kreasi saya. Maksa sih tapi saya kan ingin membuktikan pada ponakan-ponakan kalau bibi nya ini sudah ada peningkatan, ga melulu motong bawang, hehee

Nah, es buah itulah salah satu dessert favorit berbuka puasa kami sekeluarga. Saya kalau bikin porsi keluarga biasanya meraciknya di satu baskom besar. Nanti pada antri deh, goceng..goceng..hihi ngga dong becandaa

Alhamdulillah di kulkas ada beberapa buah- buahan sisa pesanan Fruit Pie bakulan saya. Langsung kepikiran bikin yang simple aja yaitu es buah.
Yang membuatnya semakin istimewa karena saya tambahkan potongan buah kurma yang saya beli beberapa waktu lalu untuk cemilan sehat mamah.
Jadilah, Es Buah Kurma.



Es Buah Kurma

Bahan :
- Kurma, buang biji, belah menjadi 4 bagian.
-  Buah- buahan seperti buah naga,mangga, strawberry, alpukat dll. Potong sesuai selera.
-  Air gula
-  Yoghurt Plain ** boleh di skip.
-  Sirup Cocopandan
-  Air secukupnya
-  Es Batu

Cara Membuat :
-  Tata buah-buahan dalam satu wadah besar atau gelas saji.
-  Siram dengan air gula, yoghurt, sirup cocopandan dan air secukupnya. Tes rasa.
-  Tambahkan es batu sesuai selera. Nikmati dingin.
** Kalau suka bisa ditambahkan 1/2 sendok Madu Kurma untuk setiap gelasnya.

Rasa es buahnya sedikit khas karena tambahan potongan buah kurma. Saran saya biarkan buah kurmanya sedikit lama terendam dalam sirup es buahnya. Nanti tekstur kurmanya semakin lembut dan  sari kurmanya menyatu dengan sirup es buah.
Yuk dicoba,kan puasa sebentar lagi.

Marhaban Ya Ramadhan..

2 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai wisata kuliner Indonesia. Indonesia yang terdiri dari berbagai daerah yang memiliki ke khasan wisata kulinernya masing-masing. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata indonesia yang bisa anda kunjungi di www.pariwisata.gunadarma.ac.id

    BalasHapus