Arjuna Tasikmalaya

Lagi musim ' Arjuna ' dimana-mana, sampai bosan lama-lama denger nama ' Arjuna'. Apalagi aktor India yang memerankan Arjuna hampir setiap hari wara wiri di tivi. Bukan bosan liat aktornya sih, tapi bosan ko liat di tivi terus ya sekali-kali berhadapan langsung gitu lho, hahaa..

Nah, saya terlambat kalau di Tasikmalaya juga punya ' Arjuna'.
Bahkan seingat saya, ' Arjuna' Tasikmalaya ini bukan aji mumpung menggunakan nama yang sedang digandrungi. Melainkan sebelum serial fenomenal india tersebut tayang di tivi, ni Arjuna Tasik sudah duluan ada.
Siapakah dia?
Akankah dia menancapkan panah asmaranya pada saya?hihii
Berikut hasil foto-foto tentang ' Arjuna' yang saya maksud :
Ini Arjuna yang saya maksud. Pusat kerajinan dan Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya.
Pemirsa jangan kecewa yaa..jadi inilah yang saya maksud ' Arjuna ' Tasikmalaya.
Sebuah tempat pusat kerajinan, oleh- oleh dan juga rest area terbesar di kawasan industri kerajinan Tasikmalaya.
Letaknya tidak terlalu jauh dari rumah saya lho, hehe ngga pentingg yaa. Tapi yang penting, lokasi Arjuna Pusat kerajinan berdekatan dengan Mesjid Itjeu dan juga Sentral Peuyeum, salah satu destinasi penting bagi wisatawan yang berkunjung ke Tasikmalaya.

Salah satu keistimewaan Arjuna dibandingkan tempat rest area lainnya adalah dari segi fasilitas dan sarana yang lengkap. Nih saya absen satu persatu yaa..

  • Lokasi strategis
Lokasi Pusat Oleh-Oleh Arjuna bisa dijangkau baik oleh Anda yang memang mau berkunjung ke Tasikmalaya atau arus balik dari Tasikmalaya. Letaknya tidak jauh dari pusat kerajinan Tasikmalaya dan juga Rajapolah, kampung saya, hehe
  • Parkiran Ekstra Luas
Dari hasil pengamatan saya, ckckkckk. Area parkir punya Arjuna ini oke banget. Sangat luaass, jadi kalau anda membawa rombongan 30 bis bisa muat disini lho.
Di bawah ini penampakan parkir luar, itu juga tidak bisa di capture semuanya.



  • Kemudahan Transaksi
Arjuna Pusat Oleh-Oleh menyediakan ATM Center dan Mesin EDC untuk mempermudah transaksi jual beli.
  • Fasilitas Rest Area Lengkap
Arjuna Pusat Oleh-Oleh dilengkapi dengan berbagai fasilitas rest area yang menurut saya sangat memadai. Mulai dari toilet luas, mesjid untuk sholat dan terdapat rumah makan beserta food courtnya.


  • Taman Bermain
Nahh ini paling beda, ada arena bermain untuk anak-anak yang di desain sangat nyaman dan kemarin saya lihat sedang terus ditambah fasilitasnya.
Hal ini penting lho untuk kembali menyegarkan buah hati setelah menempuh perjalanan jauh sehingga bisa kembali ceria dan semangat melanjutkan perjalanan berikutnya.

Jerapahnya mirip asli yaa..next time saya mau selfie sama jerapahnya , hehee

Sekarang waktunya pameran barang- barang yang dijual di Arjuna yaa..


Pertama masuk saya langsung menuju pojokan. Sstt bukan mau menghindar dari sorotan CCTV yaa, tapi tertarik sama salah satu pojokan yang ternyata sebuah butik mini ' Arjuna Shop'.
Saya perhatikan cukup banyak juga fashion yang dijual disini. Mulai dari sandal, wedges, T-shirt, baju anak-anak, scarf dan beberapa baju muslimah.


Bagi pengunjung yang memang secara mendadak memerlukan pakaian ganti setelah melakukan perjalanan jauh tentu sangat cocok untuk pilih-pilih di Arjuna Shop.


Selain pakaian, Arjuna Shop juga menjual aneka macam sandal baik itu sandal tradisional dan beberapa wedges yang dikombinasikan dengan aksen batik dan sandal khas Tasikmalaya yaitu kelom geulis. Yang belum tau Kelom Geulis itu apa, nanti Insya Alloh saya share lagi deh. Yang pasti, geulis itu artinya cantik kaya saya, hwehehe..


Daripada ribut sama pengertian 'geulis', langsung saja kita menuju ke tempat kerajinan yang dipajang. Diatas adalah contoh kerajinan berbahas dasar batok kelapa. Bagus banget yah, dari sebuah batok kelapa permukaannya bisa mulus dan  kinclong.
Oya, sebenarnya kerajinan khas Tasikmalaya adalah Anyaman pandan yang diaplikasikan ke berbagai aksesoris dan peralatan rumah tangga. Mau tau kan? Tenang...nanti dibahas menyusul, hihi


Selain perabotan dari batok kelapa, ada juga alat kesenian khas Sunda yang sudah Go International yaitu Angklung.
Coba tanya deh sama saya gimana cara memainkannya? Percaya saya bisa memainkan angklung?. 
Jawabannya saya ngga bisa memainkannya. Ya bukan alesan tidak cinta kampung halaman. Namun apalah daya dari zaman sekolah sampai sekarang sudah bergelar ' Emak ' bakat seni saya tidak tergali sedikitpun, hehee.
Jadi sedih ya..orang sunda tidak bisa memainkan alat kesenian sunda. Tapi saya tetap cinta Sunda ko, tidak bisa memainkannya bukan berarti tidak bisa ikut serta melestarikannya kan, ehm.

Replika alat musik Kecapi
Yang ini juga tidak kalah ' Go International ' nya yaitu Kecapi. Biasanya dipadukan dengan musik gamelan atau kecapi suling. Tapi yang ini cuma replikanya aja ya, bisa buat pajangan di ruang keluarga atau dijadikan oleh- oleh untuk saudara dan sahabat.

Pada kenyataannya, di Arjuna Pusat Oleh-Oleh ini asli banyak banget koleksi barangnya. Namun karena keterbatasan waktu, saya tidak bisa meng capture satu per satu.

Serba- serbi pajangan yang unik


Kalau liat botol hias kaya gini, saya ingatnya sama film-film romantis yang menyimpan pesan di dalam botol, nah lho ga nyambung. Yang pasti bikin nya susah, merangkai satu persatu sampai bisa jadi perahu/kapal mini lengkap dengan aksesorisnya.
Sekarang kita pindahan ke koleksi oleh-oleh makanannya. Ada beberapa oleh-oleh luar Tasikmalaya yang bisa didapatkan sendiri seperti Brem dan nopia.

Asikkk, brem asli bisa dibeli disini lhoo..ngga perlu jauh-jauh kesana. Kecuali kalo memang sekalian piknik yaa..
Opak Singkong, cemilan kriuk dari Singkong dan ASLI khas Tasikmalaya.

Ini cemilan manis tapi garing, namanya Noga.

Namanya Teng-Teng, cemilan manis yang terbuat dari beras dan gula merah. Tapi kalau digigit rasanya kriuk renyah gitu. Cemilan ini asli buatan Tasikmalaya lho, unik kan ya..
Nah..itu hanya beberapa jenis yang sempat saya capture ya..capee, hauuss. Mari kita menuju ke Food Courtnya.

Harap antri yah..soalnya yang beli lumayan banyak
Oya, saya tidak sempat mengunjungi Rumah Makannya. Selain alesan yang tadi yaitu mepetnya waktu juga kebetulan perut sudah terisi penuh, hihii
Jadi saya hanya membeli Jus Stroberi saja untuk menghilangkan dahaga setelah lama berkeliling di dalam.

Jangan liat penampilannya yang tidak memakai gelas saji khas cafe ya, jus stroberinya enak, segarnya pas, kental dan harganya hanya 10 rb an aja. 
Yang ini saturasi nya naik dikit
Selain macam-macam jus, tersedia juga Bakso, Ice Bubble, dan juga gratis air teh manis.
Dari hasil tanya-tanya sama Teteh yang jagain konter, di rumah makan Arjuna menyediakan macam-macam masakan khas Sunda dan melayani Catering juga, cckckckkc komplit punya.

Jus sudah habis dan sekarang waktunya pulaangg...


Hari semakin sore dan pengunjung semakin padat. Bagi anda yang memang akan menuju Tasikmalaya atau hanya melintasi saja tidak ada salahnya untuk mampir terlebih dahulu ke Arjuna Pusat Oleh- Oleh.
Bisa beli oleh-oleh, makan, bersantai,  dan bisa mandi juga,mmmm.. praktis dalam satu tempat saja.

ARJUNA PUSAT OLEH-OLEH
JL. RAYA CIAWI KM 17 atau Daerah Jamanis dekat Mesjid Itjeu Tasikmalaya.

0 komentar:

Posting Komentar