Tips Hemat Martabak Telor Rumahan


Entah saya yang terlalu percaya diri, tapi setiap membuat martabak telor cepat saji selalu laris diserbu keluarga tercinta. Bahkan kakak saya waktu mudik kemarin minta dibuatin terus setiap harinya, katanya sih setahun sekali makannya jadi ngga takut kolesterol. Padahal tukang martabak telor juga banyak dekat rumahnya, heran deh :D
Saya sempat ada ide untuk mencoba membuat martabak telor ala abang-abang, tapi belum kesampaian juga. Selain masalah waktu yang belum disempatkan, martabak telor praktis ala saya sepertinya lebih cocok bagi yang ingin hemat waktu tapi tetap bisa menyajikan cemilan yang disukai keluarga. Selain hemat waktu, membuat martabak telor praktis seperti ini juga hemat biaya dapur lho,,sssttt

Nah, apa sih sebenarnya yang istimewa dari martabak telor rumahan ala saya?
Berikut beberapa tips yang bisa disesuaikan dengan selera keluarga di rumah :
  • Untuk campuran adonan telur : Tumis daun bawang, bawang bombay dan bawang putih sampai layu dan keluar aromanya. Bisa mengguanakan minyak goreng atau margarin untuk menumisnya.
  • Tambahkan beberapa tetes kecap ikan. Bisa diganti dengan kecap asin, saus tiram, saus teriyaki atau saus tomat. Untuk saus tomat, lebih pas dipadukan dengan bumbu kari.
  • Kalau suka keju, bisa ditambahkan parutan kasar keju cepat leleh di setiap potong martabak telornya.
  • Untuk kulit lumpia atau spring roll yang instan, lipat dua lembar kulit sekaligus. Jadi isiannya bisa padat dan kulit lumpia tidak cepat bocor. Dengan cara ini juga hasil martabak telor yang sudah matang saat digigit kulitnya jadi berlapis agak tebal. Mirip-mirip martabak telor abang-abang :D.
  • Satu lagi yang saya sarankan adalah tambahkan sejumput gula pasir pada adonan isiannya. Jangan lupa tes rasa yaa.
  • Cara menggorengnya cukup dengan api sedang saja. Tiriskan martabak telor yang sudah matang pada tissue dapur supaya tidak terlalu menyerap minyak.

Isian bisa ditambahkan berbagai bahan favorit keluarga, saya sempat membuat isian beef, milk tofu dan sayuran seperti kol dan jagung manis. Mudah dan layak dicoba di rumah khususnya bagi  pelanggan martabak telor abang-abang yang rela ngantri berjam-jam :))
Happy Cooking..

#ODOP#BloggerMuslimah

5 komentar:

  1. Kelihatannya mudah. Makasih resepnya, ya, Mbak ...

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Sipp mbaa..makasih kunjungannya, yukk coba jugaa :))

      Hapus
    2. Sipp mbaa..makasih kunjungannya, yukk coba jugaa :))

      Hapus