Mie Ubi Ungu Homemade

#LatePost
Wahh tidak terasa satu tahun sudah berlalu dan saya masih pemalas nulis di blog, hiks
Oke, mulai sekarang saya mau rajin ah dan berikut ini saya mau menulis kembali pengalaman satu tahun lalu membuat Mie Telo atau Mie yang terbuat dari ubi ungu.

Dari hasil riset pasar, membuktikan bahwa ubi ungu lokal sangat susah ditemui di dekat pasar rumah. Saya sendiri mendapatkan ubi ungu dari hasil panen kebun bibi saya yang baik hati, duh mudah-mudahan bibi sehat selalu ya, Aamiin.

Sebelum punya pasta maker sendiri, rasanya tidak terpikir mau membuat macam-macam mie. Niat pertama beli pasta maker juga untuk bikin pesanan keripik sama cheese stick, tuh kan hihi. Jadi nanti pasta maker ganti nama saja jadi keripik maker yaa soalnya saya belum pernah bikin pasta pakai pasta maker.

Tadinya ubi ungu ini mau dikukus aja sama mamah, buat ngemil sore hari katanya. Eiitss, beruntung saya membaca info tentang Mie Telo " Repoeblik Telo" yang khas banget dari Pasuruan, Jawa Timur.
Sepertinya saya harus mencoba bikin soalnya nunggu gratisan kurang tau siapa yang berminat ya, hehe

Untuk resep yang saya pakai berdasarkan hasil googling dan menyesuaikan dengan kondisi bahan.




Mie Ubi Ungu Homemade

Bahan :

250-300 gram ubi ungu, kukus sampai empuk. Haluskan.
300 gram terigu protein tinggi
100 gram tepung beras**bisa diganti tapioka atau campuran keduanya dengan perbandingan 1:1
1 sdt  garam
2 butir telur
Tepung sagu untuk taburan

Cara Membuat :

- Campur semua bahan mie, aduk sampai kalis.- Giling adonan menggunakan pasta maker sambil ditaburi tepung tipis-tipis supaya tidak lengket.

- Setelah semua adonan selesai digiling, potong adonan menggunakan pemotong mie sesuai selera.
- Mie siap digunakan



Ini dia step by stepnya. Maaf beribu maaf saya memakai watermark Akur**dagangan saya dan letaknya ngga banget, haduh maklum setahun dulu masih awam, hehe
Tapi lumayan jelas kan ya, membuat mie itu mudah semudah menghabiskannya lho.

Teksturnya mirip mie yang biasa dibuat untuk mie ayam. By the way , kalau Mie Telo yang di Pasuruan itu sepertinya cara membuatnya tidak sama dengan yang saya tulis. Soalnya berdasarkan info dari teman saya teksturnya itu licin mirip mie glosor.
Ya sudah daripada bilang teksturnya ngga sama tapi ngga kirim tester, mending nikmati yang ada, hihi


Saya membuat kreasi Mie Ayam dari Mie Ubi Homemade. Asli enak banget deh, tekstur mie nya lembut membelai lidah, jadi laperr yaa

Semuanya homemade lho, kecuali baso nya. Nanti saya In Sya Alloh share resep kulit pangsit nya. Renyah asli plus gurih pake banget, mantaap.

Nahh gimana, tertarik juga kan membuat mie ubi ungu di rumah. Saya sendiri sudah setahun ini belum membuat mie ubi lagi. Alasan utamanya bibi ngga panen lagi, haha. Bukan ehh, bukan beneran saya belum sempat aja. Mudah-mudahan dengan posting kreasi lama bisa membangkitkan semangat baru.
Yukk ah, kita bikin
Happy Cooking

0 komentar:

Posting Komentar