Es Goyobod Vla Custard

Bulan depan sudah masuk bulan Ramadhan. Sepertinya selera juga sudah mulai condong ke yang manis-manis segar. Mulai dari pengen bikin kolak, bubur sumsum, sama es buah.
Dari semua wishlist ternyata yang sempat dipraktekan malah membuat Es Goyobod. Tapi goyobodnya bikin sendiri plus sausnya juga terbuat dari susu evaporasi dan custard, hmmhh.

Es goyobod adalah minuman khas Jawa Barat yang komposisinya mirip dengan es campur. Yang dimaksud goyobod adalah tepung sagu aren yang diolah sampai memiliki tekstur seperti jelly, dipotong kotak kecil kemudian dicampur dengan es serut, santan, alpukat, nangka atau kelapa muda sesuai selera.
Tapi pada perkembangannya, goyobod lebih banyak dibuat dengan tepung hunkwe dan ada juga yang membuatnya dari tepung beras.
Di Jawa Barat sendiri yang paling terkenal dan santer disebut sentra goyobod adalah daerah Garut yang masih tradisional menggunakan sagu aren sebagai komposisi goyobod.

Goyobod dari tepung hunkwe

Biasanya setiap tahun saya hanya menikmati goyobod sewaktu bulan puasa saja. Itu juga bukan bikin sendiri tapi beli goyobod yang sudah jadi di pasar. Penyajiannya dicampurkan suka-suka hati dengan sop buah atau es campur.
Teksturnya lembut dan rasanya yang khas membuat saya menjadikan es goyobod sebagai dessert buka puasa yang paling dirindukan, hihii

Tapi kemarin saya membeli tepung hunkwe se pak dan masih saja numpuk. Bosan juga setiap hari dibikin itu-itu aja. Udah rasa coklat, pandan, cocopandan, semua sudah dicoba. 
Teringat sama goyobod dan langsung menuju dapur, praktek..praktek, hehe


Yang membuat es goyobod kali ini terasa sangat istimewa adalah pertama goyobodnya hasil membuat sendiri, kedua santannya diganti dengan Carnation Evaporated Milk dan dicampur dengan sedikit tepung custard.
Carnation Evaporated milk merupakan susu evaporasi pengganti santan yang bisa digunakan untuk semua jenis masakan, minuman dan pastry.

Untuk pembuatan goyobodnya hampir sama dengan Resep Hunkwe Marmer Cocopandan. Tapi saya kurangi takaran air nya menjadi 5,5 bagian supaya tekstur goyobodnya lebih kokoh.

Es Goyobod Vla Custard
Untuk 2 Porsi

Bahan Goyobod : 
1 bungkus hunkwe
2 bagian gula
5 1/2 bagian air * sesuaikan dengan petunjuk di bungkus hunkwe ya
1 bungkus susu kental manis
Sejumput garam

Bahan Vla :
300 ml susu evaporasi
1 sdm tepung custard
1/4 sdt vanili susu
Sejumput garam

Saus Gula Merah :
- 125gram gula aren, sisir halus
- 50 ml air
Masak gula aren dan air sampai gula larut dan mengental. Sisihkan

Pelengkap :
1 buah alpukat, keruk dagingnya
Kelapa muda secukupnya
Es Serut
Saus Gula Merah

Cara Membuat Goyobod :
- Siapkan panci, masukan air, tepung hunkwe dan gula. Aduk sampai tepung larut.
- Masak larutan hunwe di atas api sedang. Aduk searah, perlahan. Tambah kecepatan mengaduk saat hunkwe mulai mengental.
- Siapkan loyang segi empat yang sudah diperciki air matang. Tuang hunkwe dan biarkan membeku.
- Potong kotak sesuai selera

Cara Membuat Vla Custard
- Cairkan tepung custard dengan 2 sdm air.Sisihkan
- Panaskan susu evaporasi, masukan cairan tepung custard dan vanili susu. Aduk rata sampai mengental dan meletup-letup. Angkat, dinginkan

Cara Penyajian :
- Siapkan gelas saji, masukan potongan alpukat, kelapa muda, potongan hunkwe.
-   Tambahkan es serut, siram dengan vla custard dan terakhir siram dengan saus gula merah. Sajikan dingin.


Goyobod ini paling enak dinikmati siang hari saat terik matahari terasa panas, hmmhh Tapi dinikmati kapan saja juga tetap enak ko, kalau suka bisa ditambah daging durian juga, mantap.

0 komentar:

Posting Komentar