Batagor Khas Bandung

Siapa yang belum pernah makan batagor?
Hayoo angkat tangan di lampu merah ya, hihii
Batagor adalah singkatan dari baso tahu goreng, jadi maksudnya tahu yang diisi adonan baso kemudian digoreng. Adonan yang digunakan terbuat dari tepung sagu dan campuran ikan tenggiri. Disajikan dengan bumbu kacang dan potongan mentimun.

Namun pada perkembangannya, batagor banyak disajikan dengan pangsit goreng berisi adonan yang sama. Begitu juga ikan yang digunakan tidak hanya ikan tenggiri. Seperti halnya saya yang menggunakan ikan nila sebagai pengganti ikan tenggiri.
Alasannya karena ikan tenggiri tidak ada di pasar dekat rumah, kalaupun ada ikan tongkol saya kurang suka dengan hasil akhir batagornya.

Banyak variasi cara membuat batagor, misalnya ada yang mengukus dulu adonan sebelum digoreng tapi ada juga yang langsung menggorengnya seperti halnya abang-abang penjual batagor.
Nah, saya sendiri memakai resep dari tabloid Saji untuk bahan-bahannya. Akan tetapi untuk pembuatannya saya menggunakan cara ala abang-abang batagor yang langsung menggoreng adonan mentah.




Batagor

Source : Saji Unggul edisi 156 tahun 2009 dimodifikasi menyesuaikan bahan yang tersedia.

Bahan : 
10 Lembar kulit pangsit
5   buah tahu, dibelah dua segitiga, dikeruk tengahnya** saya memakai tahu pong besar
Minyak untuk menggoreng

Bahan Isi :
250 gram daging ikan tenggiri, dihaluskan *saya memakai 200 gram daging ikan nila halus
2 batang daun bawang, diiris halus
2 siung bawang putih, dihaluskan
1 sdt gram
1 sdt kaldu ayam bubuk
1/2 sdt lada bubuk
1/2 sdm gula pasir
2 putih telur
150 ml air es**saya pakai air hangat
120 gram tepung sagu tani
20 gram terigu

Bahan Sambal Kacang :
300 gram kacang tanah, digoreng
4 siung bawang putih, digoreng
7 buah cabe merah, digoreng
6 sdm gula aren
2 sdt garam
650 ml air hangat
4 sdm air asam jawa

Pelengkap :
- Mentimun, potong kotak kecil
- Kecap Manis
- Jeruk Limau

Cara Membuat :

  • Campur daging ikan, daun bawang, bawang putih, kaldu ayam bubuk, garam, lada bubuk dan gula pasir. Uleni Rata
  • Masukan putih telur dan air es. Uleni rata. Tambahkan tepung sagu dan terigu. Aduk sampai kalis.
  • Bagi 2 adonan. Satu bagian isi ke dalam tahu, sisanya ke dalam kulit pangsit.
  • Kukus 30 menit***saya langsung goreng
  • Goreng tahu isi dan pangsit isi sampai matang
  • Sambal Kacang : haluskan kacang tanah, bawang putih  cabe merah, gula merah dan garam. Tuang air hangat. Masak sampai kental. Tambahkan air asam jawa, aduk rata.
  • Sajikan batagor dengan bumbu kacang, irisan mentimun, dan jeruk limau


Oya, kenapa saya memakai tahu pong?
Karena tahu pong kalau digoreng hasil kulitnya garing**favorit saya.
Kalau menghendaki tahu yang tebal bisa memakai tahu putih biasa.
Walaupun saya memakai ikan nila tapi batagornya tetap gurih dan empuk. Jadi jangan berkecil hati ketika sarana prasarana dekat rumah tidak memadai, manfaatkan saja bahan yang tersedia ya..

0 komentar:

Posting Komentar