Bolu Sakura

Pagi ini bikin lagi cemilan manis untuk Amang tukang tembok. Kata mamah, pekerja bangunan itu menyukai cemilan manis-manis karena bisa menambah tenaga untuk bekerja. 
Pernah beberapa hari yang lalu saya ada pesanan bolu gulung dan sengaja melebihkan adonan untuk mereka. Eh, Amang nya malah bilang jangan sering-sering ngasih kue enak, katanya makannya grogi, hadeuh si amang ada-ada aja.
Pas lagi beres-beres cetakan kue, lihat cetakan sakura yang sudah lama nganggur. Akhir-akhir ini jarang juga yang pesan kue sakura atau putu ayu yang biasa dicetak sakura. Sepertinya boleh juga nih bikin bolu sakura untuk cemilan si Amang. Selain membuatnya cepat, sederhana tapi enak ko Mang. Masa iya saya ngasih kue ga enak, hehe.


Ada juga yang menyebutnya Kue Karamel kukus karena beberapa bagian gula pasirnya terlebih dahulu dibuat karamel. Beberapa versi ada yang eegless atau tanpa telur, tapi saya sering membuatnya memakai telur saja.

Bolu Sakura
Source : Hesty Kitchen

Bahan :
2      butir telur 
250 gram gula pasir
250 ml air
225 gram terigu protein sedang
50   gram margarin, lelehkan
1/2  sdt soda kue
1/2  sdt baking powder

Cara Membuat :
-   Panaskan klakat atau panci kukusan
- Buat karamel menggunakan 125 gram gula pasir. Setelah gula mencair, masukan air dan biarkan sampai gula larut. Sisihkan.
- Kocok telur dan sebagian gula pasir sampai kental. Masukan karamel sedikit demi sedikit. Kocok rata
- Masukan campuran terigu, soda kue dan baking powder. Aduk rata.
- Masukan margarin leleh, aduk rata
- Olesi cetakan sakura dengan margarin, masukan 1 sdm adonan. Hentakan adonan, kukus sekitar 15 menit sampai matang.


Resep ini bisa dimodifikasi seperti mengganti margarin dengan minyak goreng atau penggunaan soda kue dan baking powdernya dihilangkan.

Satu resep ini jadi sekitar 22 buah kue sakura. Rasanya legit dan alhamdulillah laris manis dimakan sama Amang dan juga Hasna.
Saya juga tidak mau kehabisan dong, comot satu buah kue sakura dan dinikmati sambil minum teh pahit.
Hmmmh, yuk bikin.



0 komentar:

Posting Komentar