Bola Tape Isi Coklat


Beberapa hari ini mamah terkena gangguan pencernaan. Berbagai alternatif pengobatan sudah dicoba salah satu nya memakai tape/peuyeum singkong.
Beli 2 kotak dari sentra peuyeum dekat rumah. Makin lama mamah sepertinya mulai bosan makan tape/peuyeum setiap hari. Saya yang liatnya juga ikutan kenyang, hihi.
Ada satu perbedaan yang menurut saya cukup mencolok ketika membeli tape singkong dari penjual peuyeum di kampung dengan peuyeum toko seperti ini. Menurut saya tekstur peuyeum toko tidak mudah lembek dan rasanya sedikit kurang gurih walaupun warnanya kuning menggoda. Dibandingkan peuyeum kampung yang mudah lembek sekalipun masuk kulkas, warnanya lebih putih.
Terus ?, masalah gitu? ya itu hanya penilaian saya sih.
Mengingat yang jualan peuyeum di pasar dekat rumah juga sangat jarang, jadi berdo'a aja sebelum makan, ya emang wajib baca do'a dulu kan, ☺
Nah, kembali pada tema, saya berniat bersih-bersih kulkas. Pokonya semua sisa sayuran dan beberapa bahan yang sudah cukup lama di kulkas saya berdayakan semuanya. Kan lumayan juga, daripada dibuang masih pada bagus. Termasuk satu kotak tape yang masih utuh, kayanya baru diambil sepotong kecil sama mamah. 
Mencari ide sana sini, bikin apa ya. Mau bikin cake atau prol tape lagi kurang berselera.
Mendadak ingat sama tape goreng yang pakai celupan terigu seperti pisang goreng. Diatas gorengannya ditaburi gula pasir. Hmmmh, sepertinya enak nih dinikmati hangat-hangat dengan teh pahit.
Sudah mau bikin adonan, eh saya lihat setoples coklat filling isian nastar pesanan beberapa hari yang lalu. Masih ada setengah toples kecil lagi. Langsung ide cemerlang datang, hihi.
Tape ini mau dibikin bola tape aja deh, nanti isiannya pakai coklat filling.

Bagi yang berminat mencoba, saya kemarin memakai resep dari berbagai sumber hasil googling.

Bola Tape Isi Coklat

Bahan :
300 gram tape, buang serat. Haluskan
1 sdm gula pasir
20 gram mentega
100 gram tepung terigu protein sedang
1/2 sdt baking powder
30-50 ml susu cair
Coklat filling secukupnya untuk isian
Minyak goreng secukupnya
Gula donat/ gula tepung untuk taburan (optional)

Cara Membuat :
- Campurkan semua bahan kecuali susu cair.
- Tambahkan susu cair sedikit demi sedikit menyesuaikan dengan kondisi adonan.
- Pulung adonan, pipihkan. Masukan isian coklat filling dan bulatkan kembali adonan.
- Goreng bola tape dalam minyak panas sampai terlihat kecoklatan dan matang.
- Nikmati hangat dengan taburan gula donat/ gula tepung.

Happy Cooking,





0 komentar:

Posting Komentar