Fettuccini Kangkung Saus Ayam Kecap

Jadwal rutin yang wajib masuk daftar kegiatan ibu-ibu rumah tangga seperti saya adalah bersih-bersih lemari dapur dan kulkas.
Setelah urusan cek dan ricek selesai, langsung bersiap menuju supermarket atau pasar. Lumayan bisa sambil lirik kanan kiri berharap ada big sale di bagian fashion dan pulangnya mampir ke tukang mie baso *eeehh hayo ngaku siapa yaa itu?  :D

Walaupun sudah sekuat tenaga berusaha menjadi ibu cermat yang teliti saat belanja, namun tetap saja bahan yang tersisa itu pasti selalu ada. Hal itu wajar sih mengingat planning saat belanja sering tidak sesuai dengan kenyataan di dapur. Niat awal beli wortel untuk sayur sop, eeh malah dibikin bakwan. Akhirnya buncis, kembang kol yang sudah disiapkan terpaksa pending dulu dan hal seperti itulah yang biasanya membuat beberapa bahan jadi tersisa.


Daripada bahan-bahan tersisa itu dibuang percuma bagaimana kalau kita kreasikan saja menjadi hidangan yang disukai keluarga.
Tapi ingat lho, bahan sisa yang dimaksud bukan sisa yang sudah kadaluarsa atau kondisinya tidak layak konsumsi. Melainkan sisa stok bahan-bahan yang memang biasanya dimasak nanggung, dibuang sayang :D

Seperti hari ini, saya menemukan toples yang isinya adalah pasta Fettuccini yang ditimbang beratnya hampir 100 gram, satu ikat kangkung yang kondisinya 70% segar, dan beberapa potong ayam kecap yang dimasak sore  kemarin dan  rupanya belum disentuh Neng kecil yang memilih makan telor dadar saja.
Pasta fettuccininya nanggung banget kalau dibikin fettuccini panggang ala dagangan saya yang harus memakai saus keju atau saus bolognese. Bikin tumis kangkung juga nanggung karena sudah banyak daun yang layu.
Disela-sela perasaan serba nanggung, ada abang-abang mie ayam yang lewat persis di depan dapur yang memang dekat dengan jalan raya. Ide memang bisa datang dari manapun dan siapapun, saya jadi kepikiran bikin mie ayam fettuccini, pengganti sawi nya kangkung aja deh kan sama sayuran :)
Urusan enak atau ngga itu belakangan aja, kan namanya juga berkreasi harus siap gagal dan nangis*eehh curcol



Fettuccini Kangkung Saus Ayam
Oleh : Mariam Ajm

Bahan :

100 gram pasta Fettuccini, bisa diganti spagetti atau angel hair
300 ml air untuk merebus pasta
1     sendok makan olive oil
1    siung bawang putih, cicang halus

Pelengkap :

1 Ikat kangkung, siangi daunnya saja. Cuci bersih, rendam dalam air mendidih cukup sampai layu dan segera tiriskan.
Ayam Bumbu Kecap*
Pangsit rebus/ pangsit goreng *optional

* Ayam Bumbu Kecap

500 gram daging ayam, cuci bersih. Rebus sebentar sampai semua kotorannya hilang, tiriskan.
Suwir atau potong kecil daging ayam, sisihkan

Bumbu :
2 sdm mentega atau margarin
1 butir bawang bombay
3 cm jahe, iris tipis atau geprek
6 siung bawang merah, iris halus
2 siung bawang putih, iris halus
2 iris lengkuas
Kecap manis sesuai selera
2 sdm kecap ikan
2 sdm saus tiram
Daun salam dan sereh

Cara Membuat Ayam Bumbu Kecap :

  • Panaskan mentega / margarin, masukan bawang bombay, bawang merah, bawang putih. Tumis sampai bawang layu dan keluar aromanya. Masukan jahe, lengkuas, daun salam dan sereh, aduk rata. Tambahkan kecap manis, kecap ikan dan saus tiram, aduk rata.
  • Tambahkan air kaldu sedikit demi sedikit, tunggu sampai mendidih. Masukan ayam suwir, bumbui dengan garam, kaldu bubuk dan lada. Biarkan sampai air rebusan menyusut kental dan bumbu meresap ke dalam daging ayam.
Cara Memasak Dan Penyajian Fettuccini :
  • Didihkan air, masukkan fettuccini dan rebus sampai matang.
  • Panaskan olive oil, tumis bawang putih sampai keluar aromanya.
  • Masukkan Fettuccini, tambahkan sedikit kaldu ayam, lada hitam dan gula pasir. Aduk sampai bumbu merata, tes rasa.
  • Siapkan piring saji, tata fettuccini dan siram dengan saus ayam kecap. Sajikan dengan tambahan saus sambal botolan.
Tekstur fettuccini yang lembut tapi tidak mudah hancur khas tekstur pasta membuat saya menikmati helai demi helainya penuh penghayatan *lebaaayyy
Tambahan kangkung sebagai pengganti sawi juga mengingatkan saya pada mie kangkung yang sempat 'booming' beberapa tahun yang lalu, jadi nostalgia juga sambil makan hehee :)
Testimoni mamah di rumah juga sangat memuaskan, mamah suka tapi giliran minta jatah tambahan saya bilang kalau fettuccininya habis dan akhirnya kepuasan berakhir dengan wajah cemberut kecewa, hehee maafkan maahh nanti bikin lagi yaaa :)


Sempat ragu memadukan ayam bumbu kecap dengan pasta fettuccini yang biasa bersanding dengan saus bolognese atau saus keju, namun rasa takut itu berhasil diusir jauh-jauh setelah nyicip rasa fettuccini ala mie ayam yang rasanya lezat. Sepertinya cocok buat peluang usaha ya*otakdagang, hehe :)

Jadi gimana? sudah bersih-bersih lemari dapur dan kulkasnya belum? bersihin aja yuuk siapa tau menemukan pengalaman menyajikan makanan yang seru dan menyenangkan dari bahan-bahan yang tersisa.

Selamat bersih-bersih yaa..eehhh selamat memasak :)



0 komentar:

Posting Komentar