Tumis Genjer Oncom

Salah satu masakan favorit saya nih. Entah itu beli jadi di tempat makan atau bikin sendiri di rumah, saya selalu suka.

Tumis genjer memang paling enak dipadukan dengan oncom atau tauco. Sayang seribu sayang, tauco yang asli disini lumayan susah dapatnya. Mungkin ada yang berbaik hati mau kirim tauco asli buat saya? Hehe..
Daripada berkhayal yang kurang memungkinkan, mari kita masak genjernya sama oncom saja. Eittss, walaupun oncom mudah didapatkan di pasar tapi tetap kita harus berhati-hati memilih oncom.
Oncom yang bagus bertekstur tidak lembek dan juga tidak terlalu keras. Butiran kacangnya biasanya masih terlihat dan tidak berbau tajam. Salah pilih oncom, bisa saja tumis genjer nya jadi bau tengik, ihhss

Oya, kemarin banyak yang bertanya di FB trik memasak genjer supaya tetap terlihat hijau segar. Tips dari mamah saya dan juga para leluhur masakan genjer, jadi genjer setelah dicuci dan dipotong cukup direndam dalam air mendidih/panas sebentar saja sampai terlihat sedikit layu. Buang air rendaman dan genjer bisa langsung ditumis tanpa tambahan air lagi ya. Proses menumisnya juga sebentar saja, jadi pastikan bumbu dan tambahan lain seperti oncom atau tauco sudah matang terlebih dulu ya.

Nah berikut resep yang saya pakai, seperti biasa untuk takaran garam, gula nya pakai ilmu icip-icip sendiri aja ya, hihii


Tumis Genjer Oncom

Bahan :

2 ikat genjer, cuci bersih. Potong memanjang atau sesuai selera.
Rendam sebentar dalam wadah berisi air panas sampai sedikit layu. Tiriskan.
1/2   papan oncom, potong sesuai selera
3      lembar daun salam
3      lembar daun jeruk
Minyak Goreng untuk menumis


Bumbu Halus :

5     siung bawang merah
2     siung bawang putih
3     ruas kencur
3     cm jahe
1/2  sdm terasi udang
10   buah cabe rawit atau sesuai selera
1     buah cabe merah
Garam secukupnya
Gula pasir/gula aren secukupnya

Cara Membuat :
- Haluskan semua bumbu, tambahkan oncom dan tumbuk kasar.
-    Panaskan minyak goreng, tumis oncom, bumbu halus, daun salam dan daun jeruk.
-     Tunggu sampai oncom berubah warna dan matang. Masukan genjer, tumis sebentar. Tes rasa dan sajikan dengan irisan cabe merah atau cabe hijau.



Nikmati tumis genjer oncom dengan nasi hangat. Apalagi kalau nasinya adalah nasi timbel, duh bisa lupa diri makannya nih.
Kalau mau tambah lezat, bisa juga dihidangkan dengan ikan asin goreng dan tempe goreng. Duhh berasa kenyang milik sendiri deh, yang lain ngontrak, hehe
Yuk ah bikin,
Happy Cooking




0 komentar:

Posting Komentar