Serabi Pandan

Pagi ini libur, horeee..tapi ngemil ngga boleh libur dong, hehe
Mau bikin kue cubit yang lagi nge hits tapi jadinya malah bikin serabi pandan aja dulu. Masalahnya saya punya stok gula merah lumayan banyak gara-gara salah hitung pesanan puding beberapa hari lalu. Setelah kemarin dicemplungin ke sayur nangka, nah gula merahnya nanti sebagian mau dibikin kinca buat serabi pandannya.

Kinca gula merah memang enak banget, dicampur nangka, tape atau buah durian rasanya makin mantap. Tapi saya lagi tidak punya stok nangka, tape apalagi durian. Biasanya kalau buat kinca bubur sumsum saya tambahkan sedikit kelapa parut. Tapi ya itu dia kelapa parut juga tidak punya, hadeuhh.
Dont worry, kinca polosan juga tetap enak ko asal jangan kinca oplosan ya, hiii

Nah yang mau bikin serabi pandannya berikut resep yang saya pakai.




Serabi Pandan 
Source : Sedap Sekejap

Bahan :
175  gram terigu protein sedang
1      butir telur, kocok lepas
1/4   sdt garam
450  ml santan hangat * saya diganti susu cair hangat
50  ml air daun suji * saya pakai pasta pandan
1/2    sdt baking powder

Cara Membuat :
-   Campur terigu, telur, garam.
-   Tuang santan sedikit demi sedikit sampai adonan halus, keplok-keplok sebentar. Diamkan 30 menit
- Masukan baking powder ke dalam adonan, aduk rata.
-   Panaskan cetakan serabi* saya memakai cetakan kue lumpur
- Tuang 1 sendok sayur adonan, tunggu sampai berlubang dan matang. Sisihkan



Bahan Saus Kinca :
125 gram gula merah, sisir halus
50   ml air
sejumput garam
Daun pandan

Cara Membuat :
- Campur semua bahan, masak sampai gula larut dan matang.
- Bisa ditambahkan nangka, tape atau daging durian sesuai selera.
Sajikan serabi pandan dengan saus kincanya..hmmhh


Oya, untuk kekentalan saus kincanya bisa menyesuaikan sesuai selera ya. Kalau saya suka saus kincanya yang pekat kental.
Untuk serabi pandannya juga ada yang memakai tepung beras. Nanti In Sya Alloh saya trial lagi dengan memakai tepung beras.
Yuk kita bikin,

0 komentar:

Posting Komentar