Nangka Kecap

Dua hari yang lalu saya membeli nangka muda. Sudah diniatkan mau bikin gulai nangka. Rasanya seperti ngidam ingin makan gulai nangka gara-gara liat postingan salah satu teman di grup, hihii
Setelah semua bahan dan bumbu siap, saya dapat BBM isinya pesanan beberapa kue. Wah, sepertinya bikin gulai nangka harus di pending dulu.
Oke, nangka mudanya dimasukan dulu ke kulkas setelah direbus sebentar untuk menghilangkan getahnya.

Keesokan harinya pesanan sudah selesai dan saya sudah fix mau eksekusi gulai nangka. Eeeh, mendadak ada BBM lagi dari salah satu pelanggan saya. Minta dibikinin kue tart dadakan, haduh dilema antara eksekusi dan pesanan, hehe
Nangka nya dimasukin lagi ke kulkas deh, saya buru-buru bersiap membuat kue tart untuk diambil besok sore.
Karena udah kepikiran terus sama si gulai nangka, pas malem hari saya sengaja siapin bumbu-bumbu halusnya supaya besok pagi tinggal di goreng aja. Dan lumayan trik itu mempercepat proses memasak keesokan harinya sih, hehe
Sambil dekor kue, saya masak aja nangkanya, dengan asumsi selesai dekor kue, maka mateng juga tuh gulainya. Emang mungkin belum jodoh sama si gulai nangka, lagi anteng kerja mendadak ada tamu dari panitia salah satu acara yang mau pesan snack dari saya. Sudah diwakili sama mamah tapi keukeuh aja ingin ngobrol langsung sama saya, hihi

Setelah obrolan yang cukup lama, saya baru nyadar meninggalkan nangka yang lagi di masak. Pas dilihat, ternyata oh ternyata gulai nangkanya sudah hampir kehabisan air, jadinya hampir kering. Saya tambahkan kecap dan gula merah saja, haduhh panik !
Ditambah lagi air sedikit supaya bumbu kecapnya meresap. Lha ada gituh gulai nangka pake kecap? sudahlah yang penting mateng aja, hihiii
Dan ternyata asumsi saya benar, dekor kue selesai, tamu pulang dan masakan saya juga matang. Yang jadi aneh, masak gulai ko jadi seperti gudeg, tapi dibilang gudeg juga bukan lha wong ini pakai kecap.


Tapi setelah diicip-icip rasanya boleh juga nih, enak. Selain nangka, saya juga menambahkan potongan kecil daging sapi dan yang terakhir baru ingat sama telur. Makanya warna telurnya jadi kurang pekat, karena direbus dengan nangka nya cuma sebentar.
Next time mau benar-benar bikin Real Gulai Nangka atau Real Gudeg ya, hehe


0 komentar:

Posting Komentar