Cimol Empuk

Posting cemilan favorit nih..
Gara-gara kebanyakan chatting sama teman saya yang juga penggemar cimol, saya jadi semangat bikin. Yang jadi masalah karena teman saya ini tinggal di luar negri yang ngga ada tukang cimolnya, hadeuhh. Sepertinya peluang bagus untuk pengusaha cimol buka outlet di luar negri nih, hehe

Cimol adalah cemilan atau jajanan khas Jawa Barat. Pokonya orang sunda senang sekali dengan olahan dari Aci. Sebut saja Cilok, Cireng, Cimol, Cibay, Cigor, malah ada juga Cibas, wahh banyak banget kan.
Saya sendiri masih ingat dulu paling senang jajan Cimol Basah di sekolahan. Jadi tekstur cimolnya tidak kering tapi matang, susah dijelaskan pokonya, hehe.
Cimol juga banyak macamnya ya, ada cimol yang kering seperti kerupuk, cimol yang alot, juga cimol yang empuk. Saya pribadi senang semua jenis cimol. Yang pasti cimolnya harus bebas pemutih dan digoreng dengan minyak yang jernih atau kualitas baik.


Saya kemarin menyempatkan bikin cimol sendiri di rumah. Memakai resep hasil googling sana sini, hadeuh.
Sebenarnya di rumah ada buklet hadiah dari salah satu tabloid masak yang isinya spesial membahas cilok sama cimol. Tapi beberapa kali saya coba resepnya ko sepertinya kurang manjur di tangan saya.
Oke sip, dari hasil percobaan beberapa kali saya sangat puas dengan resep yang ini. Pertama hasil cimolnya enak, teksturnya tidak alot dan cara membuatnya sangat simpel. Oya, jenis cimol yang saya posting ini termasuk jenis cimol empuk bukan cilok garing yang kriuk-kriuk.

Cimol

Source : Mba Diah Didi

Bahan :
100  gram Aci / sagu
25    gram terigu
100  ml Air mendidih
1/2   butir putih telur
1      sdt kaldu ayam bubuk
Garam secukupnya
Merica secukupnya
1/4   sdt gula pasir
2      siung bawang putih, haluskan
1      batang daun bawang, iris halus

Cara Membuat :
Campur semua bahan kecuali air. Tuang air mendidih sedikit demi sedikit hingga adonan kalis dan mudah dibentuk.
Bentuk adonan bulat-bulat kecil dan goreng dalam minyak panas.
Mba Diah Didi menggorengnya dengan cara memanaskan minyak terlebih dahulu kemudian api dimatikan dan semua cimol dimasukan, tunggu sebentar dan nyalakan kembali api dan goreng sampai matang. Tapi saya kemarin  langsung menggorengnya dan Alhamdulillah bebas dari insiden ledakan cimol, hehe
Oya saya juga tidak memakai daun bawang karena hasna suka protes kalau makan makanan yang terlihat daun bawangnya, hihi
Tekstur kulit luar nya garing dan saat digigit terasa lembut bagian dalamnya. Dinikmati dengan bumbu cabe bubuk, hmmhh pedas nya mantap.
Yuk ah bikin,
Happy Cooking

  

0 komentar:

Posting Komentar