Guava Smoothie

Apa sih bedanya jus dengan smoothie?
Dari beberapa referensi disebutkan kalau jus adalah buah yang diproses menggunakan Juicer atau Juice extractor sehingga yang diambil adalah sari buah nya saja. Sedangkan Smoothie sebaliknya, buah yang diproses tanpa memisahkan sari buah dan seratnya. Dari tekstur nya juga berbeda, jus berbentuk cair dan smoothie teksturnya lebih kental. 
Eh, tapi ko di lingkungan kita kebanyakan yang jual jus tapi ko ngga disaring ya, dibilang smoothie tapi encer juga, hihi
Jadi mana yang benar ya?
Kalo saya setuju dengan pengertian jus itu sari buah. Kebayang ngga kalau misalnya Lemon Juice itu dibuat dengan cara nge blender buah lemon sama kulitnya, pahiit.
Tapi memang sudah jadi kebiasaan ya mau jus atau smoothie disini tetap sama namanya Jus Buah.
Pas banget hari ini bikin Smoothie buah jambu, cocok untuk hari yang panas dan juga menyehatkan dong.
Cara membuatnya sangat mudah lho. Pertama cuci buah jambu sampai bersih, potong sesuai selera dan buang bijinya. Selanjutnya masukan potongan buah jambu ke dalam blender, masukan gula, susu cair dan air secukupnya untuk membuat blender tidak berat saat memproses. Biarkan semuanya tercampur rata dan halus, siap dinikmati dengan es batu atau tanpa es juga tetap enak.



Kemarin saya membeli 1 kilo buah jambu harganya 6rb rupiah, jadi sekitar 5-6 gelas jus tinggi. Susu cair kurang dari 1 liter dan gula pasir kurang dari 250 gram. Bandingkan dengan harga jual di konter jus ya, hihi jangan-jangan nanti saya jadi punya gelar Miss Irit apa Miss pelit ya.
Tapi sewaktu-waktu boleh dong kita membeli di luar, tapi kalau punya alat blender di rumah tentunya lebih baik diberdayakan, hehe.
Yuk kita bikin,

0 komentar:

Posting Komentar