Kunyit Asam Sirih


Jerawat, oh jerawat. Sepertinya akhir-akhir ini sering banget berkunjung di wajah. Faktor paling utama karena saya doyan makanan pedas. Sehari tanpa makanan pedas rasanya bagaikan setahun, hihii.
Biasanya jerawat langsung hilang kalau saya mengoleskan bedak dingin. Tapi sepertinya mereka sekarang lebih kebal. Susah banget hilang kecuali saya berhenti makanan pedas. Tapi saya tidak mau kehilangan hobi makan pedas dong.
Saya mulai rajin mengkonsumsi susu UHT sehabis makan makanan pedas. Kira- kira nya sih untuk sedikit meredakan panas di dalam perut penyebab jerawat. Ga tau juga ini tips benar atau tidak, tapi yang saya rasakan cukup meminimalkan pertumbuhan si jerawat.
Nah, beberapa hari kemarin saya membersihkan bundel tabloid di kamar. Dan bukannya cepat beres, saya malah asyik baca-baca lagi tabloidnya. Sudah bisa ditebak, bundel tabloidnya ga jadi diberesin. Di buka-buka lagi berharap menemukan resep ajaib, hehe.
Ternyata memang saya menemukan resep ajaib atau lebih tepatnya resep pengingat yaitu Kunyit Asam. Kok resep pengingat? Iya soalnya saya suka minum jamu dan setelah Mbak jamu langganan saya mudik tidak kembali, saya tidak pernah minum jamu lagi. Sebenarnya disekitar rumah dan pasar juga banyak yang jualan jamu. Tapi menurut saya rasanya kurang sama dengan mbak langganan saya itu.
Paling sering saya membeli jamu kunyit asam ditambahkan sirih sedikit. Ramuan itu sudah dipercaya mampu mengatasi masalah-masalah perempuan, kecuali masalah diputusin pacar ya, hehe. Harganya murah meriah, cuma 2rb/gelas.
Oke, daripada saya terus menanti Mbak jamu yang tidak kunjung kembali, saya mencoba bikin sendiri kunyit asam. Resep saya ambil dari Majalah Sedap dan dimodifkasi dengan tambahan air rebusan daun sirih.




Kunyit Asam Sirih

Source    : Hidangan Sebulan Majalah Sedap Edisi 8/XIV/2013
Modified : Mariam Ajm

Bahan :

- 300 gram kunyit, dibakar dan dimemarkan.
( Versi saya, iris tipis kunyit. Panggang di atas teflon sampai aroma nya keluar )
-  50 gram Asam Jawa
-  150 gram gula pasir
-  50 gram gula merah
-  1 Liter air
-  1/4 sdt garam

Air sirih :
- 3 lembar daun sirih
- 150 ml air
( Direbus sampai menyusut menjadi 100 ml )

Cara Membuat :
- Campur semua bahan. Rebus hingga harum dan gula larut. Masukan air rebusan daun sirih, aduk rata. Matikan Api.
- Saring rebusan kunyit asam, sajikan hangat atau bisa ditambahkan es batu sesuai selera.

Mudah kan ya, semua bahan nya mudah dijumpai di pasar dan harganya juga sangat terjangkau. Dan yang lebih penting, ramuan ini tidak mengandung tambahan pewarna atau tambahan lainnya seperti jamu instan. Rasanya segar, apalagi kalau ditambahkan daun mint. Sayang sekali di rumah sedang tidak punya daun mint. Adanya malah daun kemangi, nanti namanya jadi pepes kunyit dong hihi.


Yuk kita membuat kunyit asam sirih sendiri di rumah. Mudah, murah, sehat.







1 komentar: