Balakècrakan " Masakan Khas Tasikmalaya "


Balakècrakan, dari namanya saja sudah terbayang ngga ngerti bagi yang non sunda dan perut mendadak laper bagi orang sunda. Dalam pengertiannya, Balakècrakan merupakan suatu kondisi dimana orang banyak menikmati sebuah sajian atau hidangan secara bersama-sama di sebuah tempat atau bahkan di satu meja.
Di Tasikmalaya, Balakècrakan adalah nama sebuah tempat makan yang terletak di jalan Cipedes II No 32.
Berdasarkan info dari beberapa teman saya, warung sangu Balakècrakan merupakan satu induk usaha dengan warung sangu Nini Antèh yang kemarin saya review. Pantas saja konsep masakan dan penyajian disini sama otentiknya dengan di Warung Sangu Nini Antèh.
Hal yang sedikit membedakan disini adalah konsep ruangan yang sederhana, dan beberapa masakan favorit saya ga ada disini seperti ikan bakar yang katanya hanya di Nini Antèh saja, hiks


Konsep prasmanan di Warung Sangu Balakècrakan



Oya, sewaktu saya berkunjung kondisi tempat makan sepi karena waktu nanggung sekitar jam 3. Sebelumnya saya pernah berkunjung waktu makan siang, dan padatnya luar biasa. Kita makan seperti dikejar tamu yang terus berdatangan, haha
Beberapa menu yang biasa saya jumpai di Nini Antèh juga ada disini, seperti tempe mendoan dan oseng-oseng. Hanya saja untuk beberapa jenis gorengannya masih saya rekomendasikan Nini Antèh. Mungkin karena perbedaan juru masak ya, jadi walaupun satu konsep pasti ada sedikit perbedaan rasa.
Disini kita bisa memilih mau menikmati makan sambil duduk di bangku atau lesehan beralas tikar, unik ya.


Mau tau kan saya makan apa aja disini, hehe. Tetap menu favorit yaitu oseng-oseng. Kalau kata salah satu teman saya, di rumah masak oseng, coba pas makan di luar makan yang lain apa, hihi. Tapi itu namanya selera, tidak bisa diganggu gugat yaa.

Oseng Paria/Pare, Ulukutek Leunca, Oseng Genjer, Sambal Hijau, Nasi Putih, Ice Cream Cincau
Lapar atau rakus ya, haha

Sssttt, lihat piringnya deh. Jadul dan ndeso, tapi inilah yang membuat nafsu makan meningkat. Heh, emang makan piringnya juga?. Maksudnya selain masakan yang enak, tapi menurut saya suasana juga mendukung kita makan nyaman atau tidak, setuju?, oke.
Saya makan sepaket seperti foto hanya 12 rb saja, kalau dikurangi Cincau maka total makanan yang saya pesan hanya 7rb an aja. Murah banget kan ya, sementara harga bakso aja di tasik sudah mendekati angka gawat darurat 20rb/porsi.
Alhamdulillah, nikmat sekali makannya. Kenyang, karena kita makan banyak sayuran dan karbohidrat ya. Ditambah Ice Cream Cincau nya juga asyik banget. Rasa Cincau nya asli dari daun cincau ditambah ketan hitam, potongan roti tawar dan es krim yang banyak, ENAK.
Nah, untuk ice cream cincau hanya ada di warung sangu Balakècrakan, tapi kalau Es Goyobod bisa didapatkan disini atau Nini Antèh juga. 
Tunggu apalagi, ramai-ramai kita kujungi Warung Sangu Balakècrakan dan jangan lupa ajak saya juga ya, hehe
Bagi yang belum tau alamat atau letak persisnya, berikut saya tulis kembali alamatnya ya.

WARUNG SANGU BALAKÈCRAKAN
Jl. Cipedes II No 32 Kecamatan Cipedes 
Kota Tasikmalaya
Patokan dari Yogya Dept Store Mitrabatik nanti disitu tinggal bertanya saja ya.
Ingat pribahasa ya, malu bertanya sesat di perut, hihi

2 komentar:

  1. Hehehe Mariam, itu piring nenek saya di kampung lho...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh..mba novia makasih kunjungannya..iya nih semuanya serba jadul jadi nostalgia hehhhe :))

      Hapus