KBB #44 Pisang Molen

#LatePost

Yuhuuuu, surtjin tantangan member pracoba saya sudah tiba dengan selamat.
Judulnya asyik banget deh, Pisang Molen Khas Indonesia.
Yang membuat saya bilang asyik soalnya di rumah pas lagi kebetulan ada pisang yang belum di eksekusi.

Sebelum mengerjakan surtjin, saya masih sempat galau setelah membaca resep. Soalnya tertulis gede banget judulnya pisang molen tapi cara membuatnya di oven. Kalau seingat saya, pisang molen itu pisang yang dibalut adonan kulit dan digoreng.  Sedangkan yang pembuatannya dengan cara di oven ya disebutnya pisang bolen. Tapi untuk tantangan resep kali ini pisang molen yang di oven ini dibuat tanpa korsvet. Mungkin itu sebabnya disebut pisang molen kali ya, hehe

Nah, memang itu istimewanya tantangan kali ini. Kulit pisang molen atau bolen yang biasa dibalut puff pastry tapi kali ini dihilangkan pastry margarine nya dengan syaray kulit harus tetap berlapis. Lha piye tohh?? Kalau tidak pakai korsvet mana bisa berlapis??
Eittss, jangan galau sebelum selesai baca resep dan instruksinya.
Proses pembuatan kulit yang menyerupai pembuatan puff pastry menjadikan kulit pisang molen ini tetap berlapis dan renyah lho. Mau tau dong resepnya apa, proses pembuatannya dan seberapa keberanian saya sebagai eksekutor? Hadeuuh 

Silahkan baca resep dibawah ini. Ingat, ingat..patuhi resep dan instruksi kalau tidak mau pisang molennya bantat tiada berlapis, hehe


KBB #44 Pisang Molen
Resep : Ariesta Mikdar Gunawan

Bahan kulit A :
100 gram terigu serba guna
1     sdm minyak goreng
80   gram margarin

Bahan Kulit B :
300 gram terigu serba guna
50   gram gula kastor
100 gram margarin
100 ml air dingin
1/4 sdt garam halus
1/4 sdt vanili

Bahan Filling :
10 buah Pisang raja atau pisang tanduk, pilih yang manis dan sudah matang. Kukus, potong melintang 4cm, kemudian belah menjadi 2 bagian.
100 gram keju cheddar, potong seukuran dengan pisang
50 gram meises

Olesan : 
1 kuning telur
1 sdm mentega cair

  Cara Membuat :
- Adonan A, campur semua bahan dan aduk rata menggunakan spatula. Bagi menjadi 20 bagian, bulatkan.
- Adonan B, campur semua bahan dan uleni kalis. Bagi menjadi 20 bagian, bulatkan   


- Ambil satu bagian adonan B, gilas agak tipis membentuk segiempat. Letakkan bahan A diatasnya, lipat bentuk amplop. Setelah rapi, bulatkan kembali. Lakukan sampai semua adonan selesai.

- Ambil satu bagian adonan campuran A dan B. Gilas tipis membentuk persegi panjang. Gulung dan lipat dari arah sisi yang pendek, gilas tipis lagi. Ulangi sampai 3x proses. Istirahatkan adonan selama 40 menit


- Ambil satu bagian adonan, gilas tipis membentuk segiempat sama sisi. Letakan pisang, keju, meises dan terakhir ditutup pisang lagi. Lipat bentuk amplop atau seperti martabak telor mini. Lakukan sampai semua adonan habis.


- Panaskan Oven 180 derajat celcius. Poles loyang dengan margarin, lapisi dengan kertas roti, poles lagi.
- Masukan adonan yang sudah diisi pisang secara rapi, beri jarak sekitar 1 cm antar adonan. Poles permukaan kulitnya dengan kuning telur. Taburi keju atau topping favorit.



- Panggang kurang lebih 60 menit sampai matang, panas- panas poles permukaan kulit pisang molen dengan mentega cair.
Sajikan.



Taraaa..ini dia pisang molen hasil kreasi saya. Toppingnya macem-macem deh; ada keju, wijen sama oreo crumbs.
Walaupun dibuat tanpa korsvet atau pastry margarine, tapi kulitnya tetap berlapis renyah lho. Yang membedakan dengan kulit puff pastry hanya sedikit perbedaan tekstur kulit pastry yang lebih ringan dibanding kulit pisang molen yang ini. Tapi tetap enak, ga percaya?
Coba bikin sendiri, berani???

0 komentar:

Posting Komentar